WhatsApp Uji Fitur Transkrip Pesan Suara: Data Diproses Apple, bukan Facebook
TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi pesan WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur untuk transkip pesan suara. Fitur baru ini dikatakan sedang dalam pengujian pada versi iOS, meskipun dapat menjangkau pengguna Android juga.

Saat ini, WhatsApp tidak menyediakan transkripsi pesan suara. Sebaliknya, justru hanya ada aplikasi pihak ketiga di iOS dan Android yang dapat mentranskip pesan suara yang diterima.

Situs pelacak pembaruan WhatsApp, WABetaInfo, mengungkapnya melalui unggahan tangkapan layar yang menunjukkan perkembangan transkripsi pesan suara. Sumber telah menyediakan beberapa gambar yang menjelaskan bagaimana fitur transkripsi itu akan bekerja.

Advertising

Advertising

Salah satu tangkapan layar yang dibagikan menunjukkan bahwa WhatsApp akan mengirim data yang didapatnya dalam bentuk pesan suara langsung ke mesin ucapan Apple untuk transkripsi. Hal ini menunjukkan bahwa induk WhatsApp, Facebook tidak akan terlibat dalam proses transkripsi.

Pengguna akan diminta memberikan izin untuk berbagi data suara dengan Apple jika mereka ingin mentranskrip pesan suara tertentu di WhatsApp. Setelah izin diberikan, pengguna akan menyiapkan transkripsi pesan suara mereka di bagian baru yang disebut Transkrip.

Tangkapan layar lain yang dibagikan oleh WABetaInfo menunjukkan bahwa pengguna juga akan mendapatkan stempel waktu untuk membiarkan mereka melompat ke bagian pesan tertentu. Transkripsi lalu akan disimpan secara lokal di database WhatsApp ketika pesan suara ditranskripsi untuk pertama kalinya. Ini akan membantu menyediakan akses cepat ke teks yang ditranskripsi.

Masih belum diketahui kapan tepatnya fitur transkrip akan tersedia bagi pengguna WhatsApp. Namun, aplikasi berlogo gagang telepon itu mungkin akan menyediakan aksesnya ke penguji beta di masa mendatang.

GADGETS NDTV | WABETAINFO | GIZMOCHINA