Volkswagen Kucurkan Rp16 Triliun Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik
WOLFSBURG, iNews.id - Volkswagen Gorup (VW) berencana mendirikan pabrik sel baterai mobil listrik di Lower Saxony, Jerman, dengan konsep kemitraan multi brand. Untuk merealisasikan rencana tersebut, pabrikan Jerman tersebut akan berinvestasi sebesar 1 miliar euro atau sekitar Rp16 triliun.

Dilansir dari Reuters, Rabu (15/5/2019), untuk mewujudkan itu Volkswagen sedang mencari opsi untuk bisnis MAN Energy Solutions, yang membuat mesin diesel besar khusus kapal dan generator listrik.

Awal bulan ini, Volkswagen telah mendekati beberapa perusahaan untuk mempelajari minat mereka membeli MAN Energy Solutions, yang diprediksi mencapai angka sekitar 3 miliar euro.

Langkah tersebut jadi salah satu upaya Chief Executive Volkswagen, Herbert Diess untuk merampingkan grup yang memiliki 12 merek, truk, bus, sepeda motor, mobil, dan sepeda listrik sebagai bagian dari bisnisnya.

"Melihat semakin kompleksnya industri dan tantangan terkait, sangat penting untuk fokus pada bisnis utama kami," ujar Ketua Dewan Pengawas Volkswagen, Hans Dieter Poetsch.

Sekadar informasi, saat ini sel baterai bagaikan arena utama industri otomotif karena banyak produsen kendaraan mulai beralih menggunakan tenaga listrik yang masih meminta pasokan dari pabrikan Asia. Sebab itu, menciptakan bisnis sel baterai mobil listrik merupakan solusi untuk menghemat waktu dan biaya produksi mobil listrik.

Editor : Dani Dahwilani