Vivo Y12i, Smartphone Murah dengan Segudang Keunggulan – Pojoksatu.id
POJOKSATU.id, Jakarta – Keberadaan smartphone tak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Karena perannya yang semakin penting, fungsi smartphone pun terus bertambah. Tidak hanya sekadar menjadi alat komunikasi, smartphone juga befungsi untuk menunjang mobilitas para penggunanya.

Hal ini pun secara langsung mempengaruhi peningkatan pengguna smartphone di dunia, termasuk Indonesia. Penggunaan smartphone atau ponsel pintar di Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Dikutip dari Statista.com, setidaknya 89,2% populasi di Indonesia akan memanfaatkan smartphone hingga tahun 2025. Meningkatnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia secara tidak langsung juga karena menjamurnya brand smartphone asal China.

Salah satu brand smartphone asal China yang diminati konsumen di Indonesia adalah Vivo. Adapun Vivo dikenal sebagai salah satu produsen smartphone yang kerap menawarkan produk-produk ponsel pintar berspesifikasi tinggi namun dengan harga murah. Salah satu produknya adalah Vivo Y12i.

Jika kita masih ingat, saat Piala Dunia 2018 lalu, brand Vivo dalam sebulan penuh selalu hadir di setiap pertandingan. Ketika itu, brand Vivo ada di mana- mana, baik di stadion yang ada pada negara Rusia, hingga layar kaca di seluruh dunia.

Vivo tentu ingin brand-nya semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Aksi itu setidaknya tak akan berhenti hingga beberapa tahun ke depan. Pasalnya, Vivo juga telah menjadi sponsor FIFA World Cup sampai Piala Dunia 2022 mendatang.

Sebagai informasi, merek Vivo sendiri mulai dikenal secara global pada tahun 2012 melalui seri X1 yang menarik perhatian sebagai smartphone pertama di dunia dengan chipset audio Hi-Fi (High-Fidelity), dan mempunyai desain bodi setipis 6.55 mm.

Sedangkan pada tahun 2013, Vivo memperkenalkan smartphone dengan resolusi layar 2K pertama di dunia, Vivo XPlay3s. Dilengkapi kualitas resolusi 2560 x 1440 pixel berukuran 6 inci, Vivo XPlay3s menjadi smartphone superior di tengah tren layar konvensional dengan resolusi standar 1080p.

Mulai memasuki pasar Asia Tenggara pada tahun 2014, Vivo memboyong X5Pro secara resmi sebagai seri perdananya untuk pasar Indonesia. Memiliki keunggulan kamera dan audio premium serta teknologi 2.5D Glass Design yang membuat tampilan layar smartphone Vivo jadi semakin elegan.

Tidak hanya menunjukkan konsistensi untuk terus menghadirkan kejutan dalam perjalanannya di tengah pasar kompetitif, rangkaian teknologi penuh terobosan yang Vivo hadirkan ikut menjadikannya sebagai salah satu brand smartphone pionir pembentuk tren industri global hingga saat ini.

Dikenal sebagai brand yang inovatif dan punya harga kompetitif membuat smartphone Vivo semakin diminati oleh konsumen di tanah air saat ini. Apalagi, Vivo terkenal sebagai brand smartphone yang memiliki aneka model untuk pasaran Indonesia, mulai dari yang entry-level hingga high-level.

Perlu kamu tahu, Vivo saat ini berhasil menggeser OPPO dan menempati posisi pertama dalam daftar ‘Top 5 brand smartphone’ di Indonesi. Berdasarkan data IDC, berturut-turut peringkat brand smartphone di Indonesia pada kuartal 3 2020 (Q3 2020; Juli-September 2020). Brand-brand smartphone di data IDC adalah Vivo (24,1 persen), OPPO (21,7 persen), Xiaomi (18,1 persen), Samsung (17,3 persen), dan Realme (14,5 persen).

Brand smartphone yang didirikan sejak tahun 2009 di Dongguan, Guangdong ini memang terhitung gencar melakukan berbagai promosi menarik di Indonesia untuk memasarkan produk-produk smartphone buatannya. Salah satu yang sering ditonjolkan dalam materi promosi brand smartphone adalah kualitas kamera yang mengagumkan.

Ini sejalan dengan slogan Vivo yang sempat menggunakan tagline ‘Perfect Selfie’. Karena itu, kualitas kamera yang dihasilkan produk-produknya selalu terhitung baik, termasuk smartphone Vivo Y12i yang dirilis pada bulan Juli 2020 lalu.

Smartphone buatan Vivo ini menargetkan pasar entry-level ini hadir dengan baterai berkapasitas besar dan dukungan dua kamera belakang. Sementara layarnya sudah mengikuti desain kekinian dengan memenuhi bagian depan ditambah poni berbentuk waterdrop di atasnya.

Smartphone yang satu ini hadir dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim Vivo mempunyai daya tahan lama dalam pemakaian normal berkat teknologi manajemen daya yang cerdas.

Sementara dapur pacunya dipercayakan pada Snapdragon 439 Octa-Core yang dapat menjalankan aplikasi dengan cukup lancar. RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB dipercaya untuk mendampingi performa dari chipset besutan Qualcomm tersebut.

Namun, apabila pengguna merasa kapasitas internalnya kurang lega maka dapat menyematkan kartu microSD pada slot yang disediakan di smartphone Vivo Y12i. Untuk kemudahan dalam membuka kunci layar, sensor fingerprint dan fitur Face Unlock sudah dibenamkan pada perangkat yang satu ini.

Layar dari vivo Y12i mempunyai lebar 6,35 inci dengan resolusi HD+ (1544 x 720 piksel) dan teknologi LCD. Selain meminimalisir ukuran bezel pada bagian atas smartphone, poni smartphone ini digunakan untuk menyimpan kamera depan 8 MP.

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat dua kamera dengan kombinasi kamera utama 13 MP dan sekunder 2 MP. Terdapat juga dukungan 4G-LTE, dua kartu SIM, dan Funtouch 9.1 berbasiskan Android 9 telah hadir pada smartphone Vivo Y12i ini.

Nah, supaya kamu tahu secara lebih lengkap apa saja keunggulan dari smartphone Vivo Y12i, simak pembahasannya berikut ini!

1. 1. Layar Luas yang Menawan

Dibanderol dengan harga di bawah 2 juta Rupiah, layar 6,35 inci yang diusung Vivo masih menggunakan panel IPS LCD. Desain yang diterapkan pada layar smartphone Vivo Y12i adalah Ultra All Screen yang membuat tampilannya jadi lebih luas.

Apalagi, dengan penempatan bezel tipis di berbagai sisinya dan aspek rasio 19:9 yang dibekalkan pada smartphone Vivo Y12i. Layar yang dibenamkan terasa semakin memuaskan untuk menikmati gambar-gambar beresolusi HD+ di perangkat ini.

Dengan kerapatan hingga 268 piksel per inci, tampilan yang dihasilkan oleh layar sudah cukup cemerlang. Pengguna bisa bebas menikmati berbagai konten video streaming, bermain game, dan melihat foto dengan jelas.

Namun sayang untuk urusan perlindungan, Vivo tampaknya belum memasang anti gores sejenis Corning Gorilla Glass. Hanya ada screenguard bawaan yang terbuat dari mika untuk melindungi dari goresan. Agar lebih aman, disarankan untuk membeli pelindung layar tambahan sebelum menggunakan smartphone Vivo Y12i ini

1. 2. Performa yang Oke

Meski ditawarkan dengan harga murah performa yang dihasilkan oleh smartphone Vivo Y12i ini tidak bisa diremehkan. Ada chipset Qualcomm Snapdragon 439 octa- core berkecepatan hingga 1,95 GHz yang dibuat dengan desain 12 nm menjadi motor dari smartphone Vivo Y12i.

Jeroan ini dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis Adreno 505 yang siap digunakan untuk menunjang beragam aktivitas. Selain itu, ada RAM 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB yang membantu performa smartphone Vivo Y12i jadi semakin baik.

Kombinasi ini mampu membuat smartphone Vivo Y12i terasa lancar saat digunakan untuk menemani aktivitas harian. Mengakses sosial media, memutar video, bahkan melakukan multitasking di smartphone Vivo Y12i bisa dilakukan dengan mulus.


Bagi yang suka bermain game pun, smartphone Vivo Y12i ini sudah bisa dipakai untuk memainkan beragam permainan kekinian. Mulai dari Call of Duty, Mobile Legend, hingga PUBG mobile masih bisa dimainkan dengan lumayan baik.

Fitur Dual Turbo serta Ultra Game Mode yang dibekalkan juga menambah asyik pengalaman bermain game di smartphone Vivo Y12i. Fitur tersebut akan membantu smartphone Vivo Y12i menurunkan frame drop ketika digunakan untuk bermain game.

Sayangnya, meski hadir di tahun 2020, Vivo masih belum menggunakan antarmuka terbarunya. Antarmuka Funtouch 9.01 berbasis Android 9 lah yang dipilih pabrikan smartphone asal Tiongkok tersebut untuk Vivo Y12i.

Orang-orang yang memiliki akun media sosial lebih dari satu pun tidak perlu khawatir. Ada fitur App Clone yang bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi seperti WhatsApp dan lainnya.

1. 3. Desain yang Elegan

Walau dibanderol dengan harga murah, para produsen smartphone tampaknya tidak ingin smartphone produksi mereka terlihat murahan. Pada smartphone Vivo Y12i yang hadir di kelas entry level, Vivo menghadirkan build body yang terkesan premium.

Material bodi polikarbonat yang digunakan pada smartphone Vivo Y12i ini mampu diolah Vivo dengan baik. Penggunaan warna gradasi pada cover bodi belakang smartphone Vivo Y12i dengan sentuhan akhir mengkilat mampu memberikan kesan premium.

Tidak hanya warna yang menarik, smartphone Vivo Y12i dengan dimensi 159,43 x 76,77 x 8.92 mm ini juga masih nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. Gawai pun masih terasa solid dan tidak licin meskipun diberikan sentuhan akhir mengkilat.

Di bagian belakang, Vivo sudah menyematkan sensor pemindai sidik jari di bagian tengah. Selain itu, ada pula dual kamera yang telah dilengkapi dengan lampu flash LED. Terjadi pengurangan satu kamera jika dibandingkan dengan smartphone Vivo Y12.

Di bagian depan smartphone Vivo Y12i, ada desain poni tetesan air yang membuat layar jadi terlihat penuh. Di dalam poni, tersembunyi sebuah kamera swafoto yang siap untuk memanjakan para penggunanya.

Pada sisi kanan masih ditempati oleh tombol volume dan power sementara di sisi kiri terdapat slot yang bisa diisi SIMCard dan microSD sekaligus. Di bagian bawah, terdapat jack audio 3,5mm, speaker, micro-USB, dan mikrofon.

1. 4. Dibekali Dual Camera

Jika dibandingkan dengan smartphone Vivo Y12, seri ini kehilangan 1 kamera belakang. Hanya ada dua kamera dengan konfigurasi 13MP dan depth sensor 2MP di smartphone Vivo Y12i. Lensa 13MP berfungsi sebagai kamera utama sedangkan lensa 2MP digunakan untuk menghasilkan efek bokeh.

Dual kamera ini juga sudah dilengkapi dengan lampu flash LED yang akan membantu pencahayaan saat lingkungan memotret gelap. Soal hasilnya, smartphone Vivo Y12i ini sepertinya tetap mempertahankan keunggulannya di sektor fotografi.

Gambar yang dihasilkan oleh kamera belakangnya masih tetap apik dan memunculkan warna dan detail yang cukup tajam. Masih layak untuk dibagikan di berbagai media soal yang dimiliki.

Sementara untuk penggemar swafoto, kamera 8MP yang disembunyikan Vivo pada poni tetesan air bisa diandalkan. Apalagi dengan keberadaan teknologi AI Face Beauty yang memang dirancang untuk memperoleh hasil jepretan yang lebih baik.

1. 5. Baterai Berukuran Besar

Salah satu tren di kalangan ponsel kelas entry level saat ini tampaknya adalah baterai jumbo. Di seri ini pun, pengguna sudah dimanjakan oleh baterai sebesar 5.000 mAh.

Dipadukan dengan teknologi manajemen daya cerdas membuat daya tahan baterai ini jadi semakin lama. Pengguna bisa bebas melakukan berbagai aktivitas seharian tanpa khawatir kehabisan baterai.

Sayangnya, Vivo belum mampu membekalinya dengan fitur pengisian daya cepat. Pengguna harus sedikit bersabar menunggu hingga baterai kembali penuh. Sebagai informasi, smartphone Vivo Y12i ini diketahui dibanderol dengan harga hanya Rp 1.899.000 saja.

#### (adv/dia/pojoksatu)