Universitas Terbuka (UT) Bandar Lampung Gelar Pembekalan Tutor Tatap Muka 2019
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG - Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Bandar Lampung menyelenggarakan Pembekalan Tutor kegiatan Tutorial Tatap Muka (TTM) bertempat Kampus setempat, pada Rabu (25/9/2019).

Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung Dra. Sri Ismulyaty, M.Si. saat memberikan pembekalan dihadapan Tutor pada Pembekalan Tutorial Tatap Muka, Rabu (25/9/2019). (Istimewa)

Pembekalan ini diikuti oleh Tutor bagi mahasiswa Universitas Terbuka Bandar Lampung masa registrasi 2019 yang berasal dari Program Sarjana FHISIP, FST, FE, FKIP. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu Pada tanggal 25-27 September 2019.

Kasubbag Tata Usaha Universitas Terbuka Sugianto yang ditemui Rabu (25/9/2019) mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh kurang kebih 200 Tutor yang berasal dari berbagai daerah di provinsi Lampung.

Acara dibuka langsung oleh Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung Dra. Sri Ismulyaty, M.Si. Pada sambutannya Beliau menegaskan, pembekalan TTM menjadi semacam refresing bagi para tutor sebelum bertugas di daerah yang menyebar di wilayah Provinsi Lampung.

Suasana Pembekalan Tutorial Tatap Muka Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Bandar Lampung pada Rabu (25/9/2019). (Istimewa)

"Universitas selenggarakan Pembekalan kepada Tutor untuk menjaga kualitas pelaksanaan tutorial tatap muka dan agar setiap tutor memiliki persepsi yang sama mengenai prosedur dan Petunjuk Kerja tutorial tatap muka maupun praktik/praktikum." Ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa Tutor nantinya akan membantu mahasiswa memahami materi perkuliahan dan memecahkan persoalan yang tidak dikuasai oleh mahasiswa tentang materi perkuliahan.

Sejumlah Tutor UPBJJ-UT Bandar Lampung mengikuti pembekalan yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 24-26 September 2019 (Istimewa)

Kegiatan tersebut, Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung Dra. Sri Ismulyaty, M.Si. juga mengisi materi mengenai strategi belajar mandiri yang dilaksanakan Mahasiswa UT selama menempuh pendidikan kepada Tutor.

"Strategi belajar mahasiswa Universitas Terbuka dilaksanakan dengan tiga hal yaitu mengelola waktu, membaca cepat dan merekam hasil baca (resume, outline dan peta konsep." Ungkapnya.

Menurutnya mahasiswa harus memiliki tujuan dan hasil belajar. Hasil belajar yang maksimal dapat diraih dengan mengatur jadwal belajar, berdisiplin dalam mengelola waktu, serta belajar dalam perkuliahan dengan baik.

Beliau juga mengharapkan melalui kegiatan TTM ini mahasiswa dapat menempuh pendidikan dan menyelesaikan masa pendidikan dengan sebaik baiknya.

"Semoga setelah mengikuti tutorial, semakin memudahkan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan di Universitas Terbuka." Ungkapnya.