Tips Otomotif: Karet Wiper Mengeras, Coba Pakai Minyak dan Air Cuka
Rekomendasi terbaik untuk karet wiper yang telah mengeras adalah menggantinya dengan yang baru. Namun dalam kondisi mendesak ada dua tips yang dapat digunakan.

Bisnis.com, JAKARTA — Karet wiper mobil yang tidak dirawat sering kali menjadi cepat mengeras dan kendor. Penyebabnya pun beragam, bisa karena faktor usia, cuaca atau kelalaian pemiliknya sendiri.

Proses pengerasan wiper kerap terjadi saat musim kemarau panjang, di mana kaca depan mobil terkena matahari secara langsung. Selain itu karet wiper yang mengeras dan kendor bisa juga disebabkan oleh jamur serta kerak.

Karet wiper yang rusak ditandai dengan warna usang dan sedikit mengkilap. Selain itu saat ditekan terasa keras atau kendor. Dalam kondisi mendesak, ada beberapa cara mengembalikan elastisitas karet wiper yang bisa Anda coba. .

Bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan elastisitas karet wiper adalah minyak. Minyak memang dapat melunakkan karet yang mulai mengeras. Namun ingat, sifatnya hanya sementara, karena hingga saat ini belum ada cairan yang dapat mengembalikan elastisitas karet yang sudah kaku.

Kami sarankan apabila karet wiper sudah mengeras dan berusia 3 tahun atau lebih, sebaiknya perlu diganti dengan karet wiper yang baru. Pasalnya karet wiper yang dibiarkan mengeras akan berisiko menggores kaca pada mobil dan menimbulkan suara berderit yang mengganggu saat digunakan.

Adapun lebih lengkap, mengutip laman Daihatsu, Selasa (14/9/2021), berikut cara mengembalikan elastisitas karet wiper untuk sementara:

1. Gunakan minyak zaitun dan minyak bayi

Untuk menjaga kelenturannya, ada beberapa pemilik mobil yang mengoleskan karet dengan minyak bayi atau minyak zaitun. Apabila wiper kotor, sebelum mengoles minyak maka bersihkan terlebih dahulu. Anda bisa mengelapnya dengan air hangat perlahan-lahan lalu keringkan dengan kain lap.

2. Gunakan air cuka

Cuka putih ternyata bisa dimanfaatkan untuk melembutkan wiper yang kaku. Namun cuka yang digunakan adalah cuka asli tanpa campuran air seperti yang Anda temui di warung soto. Caranya pun terbilang mudah dan sederhana.

Pertama rendam wiper dengan air cuka, lalu tunggu beberapa saat agar bereaksi. Selanjutnya gosok perlahan dengan spons pencuci piring. Lakukan gerakan searah secara berulang-ulang. Jika masih saja keras, maka rendam kembali dalam waktu yang lebih lama. Ulangi sampai karet wiper melembut dan lebih elastis.

Editor : Muhammad Khadafi