Tak Mau Kecolongan, Bawaslu Minta KPU Teliti Calon Panwascam
Jambi, Gatra.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jambi sudah mulai melakukan tes sokratif dan wawancara bagi 231 calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pilgub 2020 mendatang.

Selain telah membuka proses tanggapan masyarakat terkait nama-nama calon Panwascam, Bawaslu Kota Jambi juga telah menyurati KPU Kota untuk meneliti nama-nama tersebut apakah terindikasi pernah menjadi anggota, pengurus parpol ataupun tim sukses (timses).

"Tanggapan masyarakat ini sudah kita buka. Bahkan pada pembukaan tes saya sampaikan kepada peserta jangan segan melaporkan kalau ada peserta yang mengikuti tes ini merupakan pengurus, anggota parpol ataupun timses," kata Ketua Bawaslu Kota Jambi Ari Juniarman kepada Gatra.com, Sabtu (14/12).

Ari Juniarman menjelaskan pihaknya menjamin kerahasiaan identitas masyarakat yang ingin memberikan tanggapan terkait nama-nama calon Panwascam. "Kalau formalnya ada formulir yang diisi, kalaupun malas, nanti masyarakat sampaikan secara lisan, nanti kita yang tulis soal apa kira-kira informasinya. Ini nanti kita konfrontir saat wawancara," ujarnya.

Ari Juniarman menambahkan pihaknya juga sudah menyurati KPU agar 231 nama calon Panwascam ini dilihat dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

"Nanti kita lihat apakah nama-nama ini pernah masuk dan pernah terdaftar, nah ini kan terekap di SIPOL. Artinya kita jangan sampai kecolongan lagi, misalnya nanti di akhir ada informasi pernah menjadi timses atau anggota parpol," ucapnya.

Reporter: Muhammad Fayzal

* * *

Editor: Jogi Sirait

* * *