Setahun Tak Tersentuh Perbaikan, Jalan di Sendangagung Rusak Parah
GUNUNGSUGIH (Lampost.co) -- Jelang lebaran 1440 H/2019, yang tinggal sekitar kurang dari tiga minggu, jalur mudik di Kecamatan Sendangagung belum juga diperbaiki. Padahal jalur tersebut menjadi satu-satunya jalan para pemudik dari seberang untuk pulang kampung dengan melewati kabupaten Pringsewu menuju Kecamatan Sendangagung, Kabupaten Lampung Tengah.

Sudah satu tahun ini jalan kabupaten tersebut makin rusak berat, meskipun sudah banyak sabes yang ditimbun di badan jalan tetapi masih saja berlubang.

Pantauan lampost.co di lapangan, kekesalan warga setempat dengan tidak segera dilakukan perbaikan jalan dilampiaskan dengan menanam pohon pisang di tengah jalan.

Guna menuju Kecamatan Sendangagung jika dari Kabupaten Pringsewu, bisa ditempuh dengan waktu 2 jam, padahal jaraknya kurang lebih hanya sekitar 30-45 km. Kerusakan jalan menjadi penyebab lambatnya laju kendaraan menuju kecamatan Sendangagung.

Sebenarnya ada tiga alternatif jalan menuju Kecamatan Sendangagung: pertama lewat Pringsewu-Banyumas kemudian masuk Kampung Sendangmulyo hingga Sendangagung. Alternatif kedua dari Pringsewu-Kalirejo-Kampung Kalidadi- Kampung Kotawinangun hingga ke Sendangagung.

Kemudian alternatif ketiga masih dari Pringsewu-Kalirejo-Kalidadi- Sendangmulyo-Sendangagung. Namun ketiga jalan tersebut semuanya rusak cukup berat, sehingga kendaraan cukup lambat jika melintas.

Pantauan di lapangan, rusaknya jalan kabupaten di Lampung Tengah, tepatnya di jalur utama Kecamatan Sendangagung diduga karena banyaknya kendaraan bertonase berat melintas setiap hari.

Dum truk bermuatan batu, pasir, tanah, belum lagi fuso yang melintas di duga sangat mempercepat rusaknya jalan tersebut.

Camat Sendangagung Pur Sulistyo saat di konfirmasi lewat telepon, Rabu (15/5/2019), menyatakan sudah berkali-kali kondisi jalan di wilayahnya disampaikan melalui musrenbang, karena forum itulah yang resmi untuk mengusulkan kegiatan.

Bahkan selain di usulkan di musrenbang, proposal terkait permintaan perbaikan jalan juga sudah disampaikan ke PUPR Lampung Tengah.

"Semua ruas jalan sudah diusulkan, namun belum ada tanda-tanda perbaikan," ungkapnya.

Camat Pur berharap pemkab Lampung Tengah segera memperbaiki jalan di wilayahnya. Dia menambahkan potensi ekonomi dI Kecamatan Sendangagung cukup tinggi, mulai dari pertanian, perkebunan, galian tambang dan jasa perdagangan.

Namun karena infrastruktur sangat rusak berdampak pada nilai biaya tinggi untuk mengeluarkan hasil. Camat menjelaskan jalan tersebut sempat di gleder/di ratakan dengan alat berat harapanya agar padat dan rata, tetapi malah tambah rusak.

### BERITA LAINNYA

#### EDITOR

Winarko

#### TAGS

#### KOMENTAR

loading...