Percepat Tes Swab, Pemkot Bandarlampung Beli Mobil PCR Covid-19
BANDARLAMPUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandarlampung, Lampung telah memesan mobil PCR Covid-19 untuk mempercepat pelaksanaan tes usap (swab). Mobil tersebut dijadwalkan datang dua-tiga pekan mendatang.

"Mobil PCR ini sedang dalam pemesanan, dua sampai tiga pekan lagi sepertinya sudah sampai di sini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, Minggu (21/2/2021)

Menurutnya, mobil tes PCR untuk mempercepat tes usap di kota ada berkat kerja sama antara Pemkot Bandarlampung dan Indofarma. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung mendorong agar kabupaten/kota bisa memiliki mobil tes PCR sendiri.

"Kami kerja sama dengan Indofarma untuk pengadaan mobil PCR ini, termasuk reagennya pun pemkot akan kerja sama dengan mereka," katanya.

Mobil PCR itu nantinya akan ditaruh di Rumah Sakit Umum Daerah (RSDU) A Dadi Tjokrodipo Bandarlampung. Alat tersebut dapat memeriksa 150 sampel swab dalam satu hari.

"Sedangkan untuk hasilnya dapat diketahui sekitar 2 jam hingga dua setengah jam," katanya.

Dia berharap dengan adanya mobil PCR tersebut hasil tes usap masyarakat akan lebih cepat diketahui, sehingga tidak harus menunggu lama lagi untuk mengetahui apakah mereka positif atau negatif.

"Kami harap dengan tes usap yang cepat masyarakat tidak lama menunggu karena kalau harus menunggu selama seminggu kadang mereka tidak merasakan gejala sehingga mereka masih berpergian dan itu dapat menular ke orang lain," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto