Peralatan Laboratorium Kurang Memadai, Polda Lampung Kirim Sampel Limbah ke Jakarta
Perairan Laut Lampung Tercemar Limbah Aspal. Foto: Wulan/Kupastuntas.co

Kupastuntas.co, Bandar Lampung - Polda Lampung mengirim sampel limbah minyak bertekstur aspal di wilayah Perairan Provinsi Lampung ke Jakarta, itu dikarenakan peralatan di laboratorium Provinsi Lampung kurang memadai.

Dirreskrimsus Polda Lampung, Kombes Arie Rachman Nafirin mengatakan bahwa sampel yang diambil untuk diuji dikirimkan ke Jakarta, pasalnya uji sampel di Provinsi Lampung belum bisa memberikan informasi dari kandungan limbah tersebut.

"Dibalikin hasil lab nya, karena di Lampung belum bisa memberikan informasi dari kandungannya, jadi harus dikirim ke Jakarta. Uji lab di Sucofindo laboratorium, dan beberapa dan ternyata tidak bisa karena peralatan tak lengkap jadi harus dikirim ke Jakarta," jelasnya, Selasa (14/9).

Ia mengatakan bahwa sampel yang diambil tidak hanya berasal satu pantai, namun ada beberapa pantai yang diambil untuk diteliti.

"Ada beberapa pantai yang diambil Sampel, kita meminta dari berbagai polres dengan persetujuan aparatur desa setempat untuk diuji," jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung, Murni Rizal mengatakan bahwa saat ini pihaknya menggandeng PT. Pertamina untuk melakukan uji laboratorium terhadap Sampel limbah.

Disinggung mengenai ada indikasi kebocoran pipi pada salah satu corporate yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Arie belum dapat mengatakan apapun namun pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

"Nanti saya tanya dan cek terlebih dahulu," pungkasnya. (*)

Video KUPAS TV : KEPALA BNNP BLAK-BLAKAN JALUR PEREDARAN NARKOBA DI LAMPUNG

VIDEO