Peduli Pendidikan, Anggota DPRD ini Berikan Beasiswa Bahasa Inggris Ke Siswa Tidak Mampu
Selayar – Muhammad Aqsa Ramadhan, AA selaku anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar menyalurkan secara langsung beasiswa untuk salah satu siswa di G&Q English Qourse di Jl. Soeprapto Benteng, Minggu (17/1).

Penyaluran ini diberikan kepada Juliana yang didampingi orang tuanya yang merupakan salah satu siswa kurang mampu dari program Distance Class G&Q English Course.

“Alhamdulillah, sudah ada perhatian yang diberikan oleh stakeholder yang ada di Selayar,” Ungkap Mahdalijah selaku Founder G&Q English Course.

Menurutnya, program Distance Class yang dilakukan itu sudah berjalan mulai bulan Januari tahun 2020 yang melakukan pembelajaran bagi siswa dibidang bahasa Inggris.

“Kami mengajar beberapa anak mulai dari usia 3 tahun di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, bukan hanya di Benteng (Ibukota Kabupaten) tapi sampai ke pelosok Desa. Dan Juliana adalah salah satu dari beberapa siswa kami yang kurang mampu Alhamdulillah medapat bantuan dari beliau (Muhammad Aqsa Ramadhan) selaku anggota dewan DPRD untuk beasiswa Peningkatan skill berbahasa Inggris selama 1 tahun dengan jumlah Rp.1.200.000. Kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada beliau (Aqsa) atas perhatian khususnya ini,” Imbuhnya.

Siswa yang mendapatkan beasiswa peningkatan skill bahasa Inggris ini adalah Juliana yang merupakan siswa kelas X SMA Neg. 2 Kabupaten Kepulauan Selayar yang terletak di Kelurahan Batangmata. Anak dari pasangan Bapak Baharong yang berprofesi sebagai nelayan, hanya saja sudah 4 tahun tidak melaut karena sakit dan Ibu Bongko’ yang merupakan ibu rumah tangga.

Ia menerangkan bahwa tujuan awal dari terbentuknya G&Q English Course adalah sebagai wadah dalam menumbuhkembangkan potensi dan skill generasi Selayar dalam berbahasa Inggris dengan memaksimalkan potensi yang ada.

“Sebenarnya saya secara pribadi sangat ingin untuk semua siswa itu bisa tetap belajar bahasa Inggris meski terkendala di biaya. Misalkan ada salah satu siswa kami juga yang kami gratiskan sejak bulan September 2020, karena keterbatasan biaya sehingga ia sempat mau berhenti untuk belajar, tetapi kami tetap merangkulnya dan menggratiskan untuk dia karena melihat semangatnya untuk belajar dan alhamdulillah dia mau bertahan,” Tambahnya.

Dalam menghadapi perkembangan Kabupaten Kepulauan Selayar yang nantinya akan dinobatkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) memang adalah hal utama yang harus dipersiapkan menyambut itu.

Muhammad Aqsa Ramadhan selaku Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar Fraksi Golkar itu mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh G&Q merupakan langkah penting dalam membantu pemerintah daerah mempersiapkan semuanya.

“Ini adalah langkah persiapan bagi kita semua di Selayar. Jika nanti Selayar sudah resmi ditetapkan menjadi KEK Pariwisata, SDM kita harus siap untuk menjamu dengan baik semua tamu yang berdatangan. Baik itu wisatawan lokal apalagi wisatawan mancanegara dan satu-satunya cara adalah dengan membekali mereka dengan kemampuan berbahasa Inggris,” Ucap Aqsa sapaan akrab salah satu anggota dewan termuda di Selayar itu.

Aqsa menyebutkan bahwa apa yang diberikan ini sebagai pembangkit semangat khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar agar perhatian terhadap SDM dalam membantu pemerintah tersebut bisa terus ditingkatkan.

“Semoga kedepan kita bisa lebih meningkatkan SDM kita. Lebih bagus lagi jika ditataran pemerintah Desa itu minimal ada 1 orang staf Desa yang fasih berbahasa Inggris serta di instansi terkait yakni Dinas Pariwisata,” Tambah Aqsa.

Ia melanjutkan bahwa apa yang diberikan tidaklah seberapa ketimbang dengan manfaat yang akan diterima Kabupaten Kepulauan Selayar jika SDM nya unggul dan memiliki skill yang mempuni.

“Semoga ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan Juliana harus belajar dengan sungguh-sungguh. Itu tidak seberapa, coba kita pikirkan jika kedepan SDM kita sudah banyak yang bisa berbahasa Inggris pasti juga merupakan sebuah daya tarik karena para turis asing sudah tidak kebingungan harus bertanya kesiapa jika berkunjung ke Selayar. Di Bali, Lombok, semua SDM nya mulai dari anak- anak sudah fasih berbahasa Inggris dan itu yang disenangi turis. Mari kita berdoa semoga kedepan cita-cita itu bisa terwujud, tentu dengan doa dan dukungan semua pihak,” Lanjutnya.

Ditempat yang sama, Bongko’ selaku orang tua Juliana yang mendapatkan beasiswa mengungkapkan ucapan syukur dan terima kasih kepada Muhammad Aqsa Ramadhan yang telah memberikan bantuan untuk anaknya.

“Terimakasih yang tidak terhingga , semoga ini mendapat balasan dari Allah dan bernilai ibadah,” Ungkapnya haru.

Bolls

### Terkait