Newcastle Vs Chelsea: The Blues ke Puncak Klasemen Usai Menang 2-0
Newcastle

-

Newcastle United vs Chelsea di pekan ke-9 Liga Inggris sudah tuntas. The Blues menang 2-0, dan sementara naik ke puncak klasemen Liga Inggris.

Laga Newcastle vs Chelsea di St. James Park, Sabtu (21/11/2020) berjalan ketat. Chelsea tampil apik, dan bisa unggul sejak babak pertama lewat gol bunuh diri Federico Fernandez.

Pasukan Frank Lampard kemudian menambah gol di babak kedua, lewat aksi Tammy Abraham. Kemenangan 2-0 bertahan hingga laga bubar.

Kemenangan mengantar Chelsea sementara naik ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 18 poin dari 9 laga. Raihan poin Chelsea sama dengan Leicester City dan Tottenham Hotspur di posisi dua serta tiga, dan unggul satu poin dari Liverpool di peringkat empat.

Adapun Liverpool dan Leicester akan bertanding pada Senin (23/11/2020) dini hari nanti, dan Tottenham menghadapi Manchester City, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB. Jika Leicester, Tottenham, atau Liverpool menang, Chelsea akan kembali tergerus dari puncak klasemen yang dipimpinnya sementara ini.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Ancaman pertama dari Chelsea datang di menit keempat. Timo Werner melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti, meneruskan sodoran N`Golo Kante, namun bolanya bisa diredam Karl Darlow.

Kemudian, ada peluang dari Reece James. Bek sayap Chelsea itu melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, namun masih melenceng tipis. Sama halnya dengan Mateo Kovacic, di mana upayanya juga masih melambung dari gawang Newcastle pada menit ke-8.

Terus menekan, Chelsea akhirnya bisa mendapat gol di menit ke-10. Federico Fernandez terpaksa membuat gol bunuh diri, karena gagal mengantisipasi crossing Mason Mount. Skor 1-0 untuk Chelsea.

Usai memimpin, minim peluang lagi hadir. Newcastle sempat membuat percobaan di menit ke-28 lewat kaki Joelinton, namun masih melenceng. Dua menit berselang, upaya Werner juga belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-35, serangan balik cepat dibangun Newcastle. Allan Saint-Maximin melepaskan sepakan kaki kanan di dalam kotak penalti, namun masih melenceng. Hingga laga bubar, tidak ada gol tambahan. Skor 1-0 tetap bertahan untuk Chelsea atas Newcastle di babak pertama pertandingan.

Di babak kedua, Chelsea masih memegang kendali permainan. Kurt Zouma membuka peluang Si Biru di paruh kedua, lewat sundulannya pada menit ke-55. Namun, bolanya masih melenceng.

Pada menit ke-65, gol kedua Chelsea datang. Lewat serangan balik cepat, Werner melakukan solo run melewati dua pemain Newcastle, sebelum menyodorkan bolanya ke Tammy Abraham di kotak penalti. Abraham pun tanpa kesulitan bisa menyelesaikannya menjadi gol. Skor menjadi 2-0.

Newcastle coba membalas pada menit ke-71. Sean Longstaff melepaskan tembakan jarak jauh, dan bolanya cuma menerpa mistar gawang Edouard Mendy.

Tiga menit berselang, Chelsea bisa mendapat gol ketiganya lewat Werner. Namun, gol itu dianulir karena Werner sudah terperangkap offside.

Di sisa waktu pertandingan, Newcastle banyak menekan Chelsea. Namun, barisan belakang tim tamu cukup tangguh, dan bisa mempertahankan gawangnya dari kebobolan. Hingga laga bubar, skor 2-0 untuk kemenangan Chelsea atas Newcastle pun bertahan.

Susunan Pemain

Newcastle United: Darlow, Manquillo (Almiron 65`), Fernandez, Lascelles (Schaer 46`), Clark, Lewis, Murphy, Hayden, Longstaff, Saint-Maximin (Carroll 74`), Joelinton

Chelsea: Mendy, Chilwell (Emerson 82`), Ruediger, Zouma, James, Mount, Kante, Kovacic, Werner (Hudson-Odoi 76`), Ziyech (Giroud 87`), Abraham

(yna/krs)