Mulai Musim Hujan, Warga Bandar Lampung Diminta Waspada Banjir
Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kota Bandar Lampung Sutarno. | Andi Apriyadi

Jejamo.com, Bandar Lampung – Menjelang musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung mengimbau masyarakat untuk waspada akan banjir.

Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kota Bandar Lampung Sutarno mengatakan, jelang musim hujan juga masyarakat Kota Tapis Berseri diminta bergotong royong membersihkan saluran air atau drainase agar tidak menyebabkan banjir saat hujan tiba.

“Mohon kesadaran masyarakat untuk gotong royong membersihkan saluran air dan drainase karena itu merupakan tanggung jawab kita bersama,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis, (12/12/2019).

Sutarno juga menuturkan, untuk mengantisipasi banjir, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah personel, sarana dan prasarana alat untuk mengatasi banjir berupa dua mesin pompa penyedot air.

“Kami juga mempersiapkan perlengkapan lainnya seperti garutan, cangkul untuk membersihkan drainase dan perahu karet karena tidak menutup kemungkinan ada warga yang terjebak banjir,” kata dia.

Dia menambahkan, untuk perlengkapan personelnya sendiri telah dipersiapkan alat pelindung diri (APD) seperti sepatu bot, jas hujan dan perlatan lainnnya. Namun pihaknya membutuhkan tambahan mobil pickup.

“Jumlah personel BPBD 213 dibagi tiga peleton. Jadi satu peleton 71 orang. Masalah kami perlu tambahan mobil pikap untuk membawa personel dan peralatan. Karena sementara ini kami baru punya 4 unit mobil pikap,” pungkasnya. [Andi Apriyadi]

317 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini