Keluhan Jalan Rusak Adukan di Aplikasi Lapor Yai
Keluhan Jalan Rusak Adukan di Aplikasi Lapor Yai

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Warga Kota Metro kini bisa melapor secara online dengan menggunakan aplikasi Lapor Yai yang sudah bisa di-download pada playstore.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Metro Farida mengatakan, aplikasi Lapor Yai sudah bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan keluhan terkait kondisi di sekitarnya.

"Ada delapan item yang bisa dilaporkan warga. Itu mulai dari jalan berlubang, timbunan sampah, PKL berdagang di trotoar, hingga parkir liar," ujarnya saat launching Command Center Lapor Yai di Bappeda Metro, Selasa (26/2).

• Lapor Yai, Aplikasi Pengaduan untuk Warga Metro

Dijelaskannya, warga yang ingin melapor secara online terlebih dahulu mendownload aplikasi Lapor Yai. Kemudian mengisi biodata dengan mencantumkan e-KTP sebagai syarat utama.

"Sistem lapornya sederhana. Ini yang pertama di Lampung. Tinggal foto, upload, kemudian berikan keterangan pada foto atau yang dilaporkan. Nanti tim akan menerima dan meneruskan ke satuan kerja terkait," terangnya.

Jika dalam hitungan tiga jam tidak ada respon dari satker terkait, Command Center akan menghubungi langsung satker bersangkutan. "Jadi nanti pasti ada jawaban atau solusi dari tiap laporan yang masuk," imbuhnya.

• Diskominfo Lamsel Luncurkan Aplikasi Lapor, Masyarakat Bisa Sampaikan Pengaduan via Online

Kabid Informatika Diskominfo Kota Metro Andi Setiono mengungkapkan, aspirasi- aspirasi masyarakat akan semakin cepat tersampaikan dan tertangani melalui Command Center. Bahkan, warga luar Metro pun bisa melapor.

"Jadi ini terbuka untuk umum. Siapa saja bisa melapor ke Lapor Yai. Warga luar pun bisa ketika dia berada di sini. Jadi ini seperti di Bandung dan Surabaya. Ini sebagai upaya untuk mewujudkan smart city di Metro," tukasnya, Selasa (26/2).

Ke depan, terus Andi, Command Center akan terintegrasi, baik dengan lembaga- lembaga vertikal maupun satker se-Kota Metro. Saat ini, leading sector masih ditangani oleh Diskominfo Metro.

Komisi I DPRD Kota Metro menyambut positif diluncurkannya aplikasi Lapor Yai dan Command Center oleh Diskominfo setempat.

"Ini sudah seharusnya, sebagai wujud Metro Smart City. Jadi pemerintah jangan sampai kalah cepat dengan kemajuan dan teknologi. Apalagi mayoritas warga sudah pakai smartphone. Dunia semakin cepat kan," ujar Basuki, Ketua Komisi I, Selasa (26/2).

Program tersebut, terus Basuki, juga sebagai wujud transparansi dan layanan cepat pemerintah kepada masyarakat. Sehingga warga akan semakin terlibat secara aktif, minimal memantau kondisi wilayah masing-masing.

"Sisi positifnya, tugas pemerintah akan semakin cepat terselesaikan. Karena kalau ada laporan banjir atau jalan rusak bisa langsung tahu titiknya dimana, lokasinya. Kita setuju dengan inovasi-inovasi seperti itu," tukas politisi PDI P tersebut.

Terpisah, Nurdiansyah, warga Metro Timur menyambut baik adanya laporan secara online. Dengan demikian, masyarakat tak perlu repot-repot datang ke satker atau menunggu momen saat Musrenbang ketika ada usul atau aspirasi.

"Ya bagus. Ini memutus birokrasi. Kadang kan kita lapor itu bingung mau kemana, bagaimana, dan lainnya. Kalau ada aplikasi kan mudah. Kita bisa langsung lapor. Harusnya sih dari dulu begini, jadi warga lebih enak kalau ada apa-apa," tuntasnya.(dra)