Kacamata Facebook Ray-Ban Stories Muncul di Markeplace Indonesia
KOMPAS.com - Facebook dan Ray-Ban resmi meluncurkan kacamata pintar dengan nama Ray-Ban Stories pekan lalu.

Kacamata yang bisa digunakan untuk memotret hingga mendengar siaran podcast tersebut baru dijual dengan harga 299 dolar AS atau sekitar Rp 4,2 juta di toko ritel tertentu di AS, Australia, Kanada, Irlandia, Italia, dan Inggris.

Meski demikian, pantauan KompasTekno, Senin (13/9/2021), aksesori pintar tersebut sudah muncul di salah satu lapak penjual di sebuah markeplace online di Indonesia.

Toko yang beralamat di Jakarta Barat itu menjanjikan kacamata pintar Ray-Ban Stories varian Polarized Dark Blue dengan waktu pre-order 15 hari.

© Disediakan oleh Kompas.com Toko di salah satu e-commerce lokal yang menjual kacamata pintar Ray-Ban Stories.

Tidak diterangkan dari mana sumber barangnya. Belum diketahui pula apabila sudah ada yang membeli. Yang jelas, kacamata Ray-Ban Stories tersebut dijual dengan harga Rp 7.999.000, atau jauh di atas harga ritel resmi yang dipatok di kisaran Rp 4 jutaan.

Facebook sendiri belum mengungkap apakah Ray-Ban Stories akan dijual di Indonesia lewat jalur resmi atau tidak.

## Kacamata pintar pertama buatan Facebook

© Disediakan oleh Kompas.com Mark Zuckerberg memakai smart glasses Ray-Ban Stories.

Ray-Ban Stories dibuat lewat kemitraan antara Facebook dengan EssilorLuxottica, perusahaan yang membuat kacamata Ray-Ban. Produk ini pun sekaligus menjadi kacamata cerdas pertama buatan Facebook.

Dari segi desain, Ray-Ban Stories tidak berbeda dengan kacamata hitam pada umumnya. Bedanya, kacamata pintar Ray-Ban Stories ini dilengkapi dengan sepasang kamera, tiga mikrofon bawaan, serta speaker.

"Pengguna bisa mengambil video, mendengarkan musik dan podcast, atau menerima telepon tanpa harus mengeluarkan ponsel dari saku Anda," kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam sebuah video di akun resmi Facebook beberapa hari lalu.

Ray-Ban Stories dibekali dengan sepasang kamera 5 MP yang terletak masing- masing di dekat gagang kacamata. Kamera ini bisa digunakan untuk mengambil foto dan video dengan durasi maksimal 30 detik menggunakan tombol atau asisten suara Facebook.

Sepasang kamera ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED yang akan menyala bila pengguna mengambil foto atau video. Lampu tersebut dibuat agar orang- orang sekitar mengetahui pengguna tengah mengambil foto atau video.

Ray-Ban Stories juga dapat terhubung dengan dengan aplikasi Facebook View yang baru. Aplikasi Facebook View ini tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini dapat memudahkan pengguna untuk mengirim konten yang diambil Ray-Ban Stories ke ponsel.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna juga bisa mengunggah gambar serta video yang diambil ke Facebook, Instagram, WhatsApp, Messenger, Twitter, TikTok, Snapchat, dan lainnya.

Kacamata cerdas ini juga dilengkapi dengan teknologi Beamforming dan algoritma khusus yang dapat meredam bising di sekitar pemakainya.