Jalan Beton Bikin Ban Cepat Aus? Halaman all - Kompas.com
JAKARTA, KOMPAS.com - Kebangkitan motor klasik retro mulai terasa sejak beberapa tahun terakhir. Kabar terbaru bahkan menyebut Honda sedang menyiapkan All New Honda CB400SF tahun depan.

Kabar ada generasi baru CB400SF cukup santer di Jepang dan dengan cepat menyebar ke beberapa negara. Maklum sebab motor ini cukup terkenal di beberapa negara, bahkan wilayah ASEAN, seperti Thailand.

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi soal mitos jalan beton bikin ban cepat aus. Apakah benar?

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 17 Mei 2020:

1. Bukan Anak Emas, Petronas Yamaha Larang Rossi Bawa Tim Mekanik

Valentino Rossi memiliki tim mekanik kepercayaan yang sangat loyal. Tim mekanik ini selalu mengikutinya meski Rossi berpindah kubu ke tim lain.

Namun, sepertinya Rossi harus mengucapkan perpisahan kepada sebagian tim mekaniknya tersebut.

Sebab, kabarnya tim Petronas Yamaha tak mengizinkan Rossi untuk membawa semua mekanik kepercayaannya dan mengubah struktur yang sudah ada.

Baca juga: Bukan Anak Emas, Petronas Yamaha Larang Rossi Bawa Tim Mekanik

2. Penyedia Jasa Truk Towing Menolak Jika Disewa oleh Pemudik

KOMPAS.COM/DOK POLRES NGAWI

Sebuah truck

towing

diamankan di pintu exit tol Ngawi karen amembawa 8 pemudik dari Jakarta. Mreka rencananya ke 8 penjual beras di Jakarta tersebut akan

mudik

ke Madura.

Para pemudik yang nekat ingin pulang ke kampung, menggunakan beragam cara untuk mengelabui petugas di pos penyekatan kendaraan antar wilayah. Salah satu modus yang ramai digunakan, yaitu menyewa truk towing dan seolah- olah mobil pemudik mengalami kerusakan.

Akan tetapi, cara yang digunakan oleh para pemudik ini seringkali gagal lantaran petugas sudah mencium gelagat mencurigakan dari truk pengangkut kendaraan tersebut.

Baca juga: Penyedia Jasa Truk Towing Menolak Jika Disewa oleh Pemudik

3. All New Honda CB400SF Meluncur Tahun Depan

Foto: Istimewa

Sebelumnya Honda Jepang sudah melansir CB400SF Limited Edition, sehingga bukan tidak mungkin generas baru bakal meluncur.

Kebangkitan motor klasik retro mulai terasa sejak beberapa tahun terakhir. Kabar terbaru bahkan menyebut Honda sedang menyiapkan All New Honda CB400SF tahun depan.

Kabar ada generasi baru CB400SF cukup santer di Jepang dan dengan cepat menyebar ke beberapa negara. Maklum sebab motor ini cukup terkenal di beberapa negara, bahkan wilayah ASEAN, seperti Thailand.

Meski sudah ada acuan kapan bakal meluncur, belum ada rincian soal bulan dan tanggal. Soal sosok barunya juga belum diungkap, hanya saja rumor mengatakan bakal tetap mempertahankan identitasnya.

Keunggulan CB400SF yakni dari tampilan yang klasik khas motor naked. Setang telanjang, tangki besar, dan bentuk buritan yang konservatif membuatnya sekilas bagaikan Honda Tiger versi bongsor.

Baca juga: All New Honda CB400SF Meluncur Tahun Depan

4. Slipstream, Cara Bodoh dan Bahaya Bila Dilakukan di Jalan

Saat berkendara di jalan tol, pengemudi harus mengikuti aturan yang ada dan tidak melakukan tindakan atau perilaku yang bisa menyebabkan kecelakaan.


Salah satu teknik berkendara yang sering dilakukan oleh pengemudi di jalan tol adalah slipstream.

Teknik slipstream sejatinya merupakan teknik balap, di mana teknik ini dimanfaatkan kendaraan yang ada di depan untuk menahan terpaan angin. Sehingga, laju kendaraan yang dikendarai terasa lebih cepat.

Namun, untuk menikmati ini, kendaraan belakang harus mengikuti dalam jarak dekat dengan mobil di depannya.

Baca juga: Slipstream, Cara Bodoh dan Bahaya Bila Dilakukan di Jalan

5. Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Gampang Aus?

Ilustrasi ban di permukaan beton

Kurangnya perawatan, serta pemakaian yang tidak sesuai bisa menjadi faktor permukaan ban pada kendaraan menjadi mudah aus, baik mobil atau pun motor. Tidak hanya itu, faktor eksternal juga bisa menjadi penyebabnya.

Ada salah satu anggapan yang mengatakan, bila kendaraan sering digunakan pada lintasan permukaan beton membuat karet ban mudah rusak dan haus.

Hal ini lantaran gaya gesekan yang lebih berat dibandingkan permukaan aspal.

Lantas, benarkah anggapan tersebut, atau hanya sekedar asumsi atau mitos?

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, bila pabrikan sudah memperhitungkan aspek daya tahan ban sebelum akhirnya dipasarkan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Gampang Aus?