iPad Pro 2024 Bakal Gunakan Layar OLED
Jakarta, Selular.ID – Apple dikabarkan akan berhenti menggunakan panel mini LED dan beralih ke panel OLED. Padahal baru awal tahun ini iPad Pro terbaru tampil dengan layar mini LED.

Menurut laporan The Elec, Apple memiliki alasan tersendiri kenapa menggunakan panel OLED untuk layar iPad Pro, Lewat penggunaan layar OLED, layar iPad Pro akan menjadi lebih terang, awet, serta kokoh dibanding sebelumnya.

The Elec melaporkan, layar OLED pada iPad Pro akan dipasok oleh perusahaan asal Korea Selatan. Jelasnya, LG Display yang akan membuat serta memasok layar OLED untuk perangkat iPad Pro.

iPad berpanel OLED akan meluncur dalam dua hingga tiga tahun mendatang. Laporan ini mengklaim bahwa LG telah memulai pengembangan panel OLED untuk iPad Pro 12,9 inci.

Lebih lanjut, LG Display dirumorkan akan menggunakan teknologi LTPO pada layar OLED iPad Pro.Dengan teknolgi LTPO, tingkat kecerahan (Brightness) layar iPad Pro akan meningkat dua kali lipat dan daya tahan baterai yang lebih lama hingga empat kali lipat.

Panel ini diperkirakan akan digunakan oleh iPad Pro keluaran tahun 2023 atau 2024. Hal ini berarti untuk satu atau dua tahun mendatang, iPad Pro masih akan menggunakan panel layar mini LED.

Sebagai informasi tambahan, penyematan layar OLED dengan teknologi LTPO di produk gadget Apple sejatinya bukan pertama kalinya.Baru-baru ini beredar laporan bahwa Apple telah membatalkan rencananya soal iPad Air OLED 2022 yang dikembangkan bersama Samsung.

Informasi ini mengindikasikan bahwa terdapat hambatan teknis serta perselisihan terkait finansial yang menyebabkan kerjasama antara Apple dan Samsung tersebut mengalami permasalahan.Seperti diketahui, smartphone iPhone 13 seri Pro yang dirilis beberapa minggu lalu diketahui mengunakan layar OLED berteknologi LTPO dengan refresh rate maksimal 120Hz.