Gletser Mont Blanc Berisiko Runtuh, Warga Dusun Alpine Italia Dievakuasi
Salah satu bagian gletser di

Mont Blanc

berisiko runtuh. Pemerintah Italia pun menutup jalan dan mengevakuasi warga Dusun Alpine.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (26/9/2019), bagian gletser yang berpotensi runtuh dari gunung tertinggi di Eropa itu diperkirakan berisi es hingga 250.000 meter kubik.

Di seberang Pegunungan Alpen ada kekhawatiran bahwa suhu yang lebih hangat meningkatkan bahaya mencairnya lapisan es dan menghilangnya gletser.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perdana Menteri (PN) Italia Giuseppe Conte mengangkat isu ini dalam Majelis Umum AS pada Rabu (25/9). Conte meminta fenomena mencairnya gletser ini mesti ditindaklanjuti.

"Berita bahwa gletser di Mont Blanc berisiko runtuh adalah peringatan yang tidak dapat membuat kita acuh tak acuh, itu harus mengguncang kita dan kita harus memobilisasi," ujar Conte.

Sementara, Wali Kota Courmayeur, Stefano Miserocchi, memerintahkan penutupan dua jalan dan evakuasi gubuk di gunung, yang tingginya 4.800 meter (5.250 yard). Sebelumnya para ahli mengatakan gletser Planpincieux meluncur dengan kecepatan yang meningkat, mengancam bagian dari Lembah Ferret.

Antara akhir Agustus dan awal September, bagian bawah

gletser

meluncur dengan kecepatan 50-60 cm (20-24 inci) per hari.

"Fenomena ini menunjukkan sekali lagi bagaimana gunung mengalami periode perubahan besar karena faktor iklim, sehingga sangat rentan", kata Miserocchi dalam sebuah pernyataan, Selasa (24/9)

(azr/jbr)