Foto-foto KPU Lakukan Simulasi Pencoblosan dan Hitung Suara Pilkada Bandar Lampung 2020
Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Muhammad Joviter

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS dalam masa pandemi Covid-19.

Kegiatan simulasi pencoblosan dan pemungutan hitung suara di TPS, berlangsung di Sekretariat KPU Bandar Lampung, Sabtu (21/11/2020), mulai pukul 07.00–15.00 WIB.

Ketua Divisi Teknis dan Humas KPU Bandar Lampung Fery Triatmojo, mengatakan, diperkirakan ada sebanyak 60 hingga 75 pemilih, mampu menyelesaikan tanggung jawabnya memilih di TPS, dalam waktu 1 jam.

Menurut Fery, pengaturan waktu bagi pemilih untuk mencoblos di TPS sangat penting dalam pelaksanaan Pilkada Bandar Lampung 2020 pada masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut terkait dalam penerapan protokol kesehatan di TPS.

“KPU Bandar Lampung sudah menyelesaikan simulasi pemilihan tepat pada pukul 15.00 WIB."

Baca juga: KPU Pastikan Evaluasi Debat Publik Pilkada Bandar Lampung 2020 Putaran Kedua

Baca juga: Pilih Nama dan Kelurahan Sesuai KTP, KPU Bandar Lampung Luncurkan Aplikasi Cek DPT

"Kalau dihitung, rata-rata sekira 1 jam, waktu yang dibutuhkan untuk 60 hingga 75 orang, cukup."

"Artinya, di surat undangan akan kami tentukan per 60 sampai 75 pemilih dalam siklus per satu jam,” kata Fery Triatmojo, dalam siaran persnya, Sabtu (21/11/2020).

Fery memastikan, simulasi tersebut sangat penting terkait pengujian dua hal dalam pelaksanaan Pilkada Bandar Lampung 2020.

"Kami ingin menguji dua hal terkait komitmen kami dalam penegakan protokol kesehatan di TPS," kata Fery Triatmojo.

Simulasi tersebut, lanjut Fery, bisa membuat KPU melakukan banyak evaluasi, ketika ada kekurangan dalam beberapa tahapan.

Selain itu, pihaknya juga ingin menguji hal baru selama pilkada yang digelar pada masa pandemi Covid-19.

Seperti penghitungan suara menggunakan aplikasi SiREKAP.

"Harapannya nanti kami bisa mengevaluasi terkait masalah sinyal, kesiapan penyelenggara dan kesiapan sistem," jelas Fery Triatmojo.

Fery memaparkan, berdasarkan hasil simulasi, untuk memilih satu dari 3 pasang calon di Pilkada Bandar Lampung 2020, pemilih membutuhkan waktu sekira 2 sampai 3 menit di bilik suara.

Sedangkan waktu mencoblos, Fery memperkirakan, pemilih membutuhkan waktu sekira 25 sampai 30 detik.

"Saya kira akan lebih banyak waktu yang tersisa," ujar Fery Triatmojo.

Sementara untuk penghitungan surat suara, lanjut Fery, dibutuhkan waktu sekira 30 menit.

Untuk pemilih difabel, Fery memperkirakan, butuh waktu sekira 2 sampai 3 menit, tergantung jenis difabelnya, apakah ringan, sedang, atau berat.

Fery menjelaskan, penghitungan suara dilakukan senormal mungkin.

Termasuk pembagian salinan hasil penghitungan kepada saksi, untuk kebutuhan administratif tersebut paling tidak 2 jam selesai.

"Simulasi tadi yang menghitung PPK bertugas sebagai KPPS, kalau pada KPPS yang sebenarnya mungkin tidak lebih dari satu jam selesai, prediksi saya,” tandas Fery Triatmojo.

Berikut foto-foto simulasi pencoblosan dan pemungutan hitung suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS yang digelar KPU Bandar Lampung.

1. Seorang pemilih datang ke TPS dan diminta menggunakan sarung tangan sekali pakai sebelum memasuki TPS.

Seorang pemilih datang ke TPS dan diminta menggunakan sarung tangan sekali pakai sebelum memasuki TPS. KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS, Sabtu (21/11/2020). (Dokumentasi KPU Bandar Lampung)

2. Seorang pemilih datang ke TPS dan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki TPS.


Seorang pemilih datang ke TPS dan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki TPS. KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS, Sabtu (21/11/2020). (Dokumentasi KPU Bandar Lampung)

3. Seorang pemilih masuk ke TPS dan menyerahkan surat undangan ke panitia TPS untuk kemudian mendapatkan surat suara.

Seorang pemilih masuk ke TPS dan menyerahkan surat undangan ke panitia TPS untuk kemudian mendapatkan surat suara. KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS, Sabtu (21/11/2020). (Dokumentasi KPU Bandar Lampung)

4. Pemilih menunjukkan surat suara yang diterima dari panitia TPS.

Pemilih menerima surat suara yang diberikan oleh panitia TPS. KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS, Sabtu (21/11/2020). (Dokumentasi KPU Bandar Lampung)

5. Pemilih menunjukkan surat suara yang sudah dicoblos dan akan dimasukkan dalam kotak suara.

Pemilih menunjukkan surat suara yang sudah dicoblos dan akan dimasukkan dalam kotak suara. KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS, Sabtu (21/11/2020). (Dokumentasi KPU Bandar Lampung)

6. Pemilih memasukkan surat suara yang sudah dicoblos dalam kotak suara.

Pemilih memasukkan surat suara yang sudah dicoblos dalam kotak suara. KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS, Sabtu (21/11/2020). (Dokumentasi KPU Bandar Lampung)

7. Panitia TPS meneteskan tinta ke jari pemilih seusai memasukkan surat suara ke kotak suara.

Panitia TPS meneteskan tinta ke jari pemilih seusai memasukkan surat suara ke kotak suara. KPU Bandar Lampung melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bandar Lampung 2020 di TPS, Sabtu (21/11/2020). (Dokumentasi KPU Bandar Lampung)

(Tribunlampung.co.id/Muhammad Joviter/Rilis)