Dokter Tim Persija Bantu Kiper Persib Tanpa Pandang Status
## Dokter Tim Persija Bantu Kiper Persib Tanpa Pandang Status

CNN Indonesia

Kamis, 11/07/2019 07:43

Muhammad Natshir cedera serius usai berbenturan dengan Bruno Matos. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia -- Dokter tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan, mengaku membantu evakuasi kiper Persib, Muhammad Natshir yang mengalami cedera di menit ke-30 dalam pertandingan Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (10/7). Donny yang akrab disapa Dokbro mengatakan pada dasarnya tim medis tidak pernah melihat sesuatu berdasarkan status teman atau lawan. Ketika suatu kejadian dianggap darurat semua tim medis harus ikut turun membantu. "Pada prinsipnya kalau ada kejadian kami harus kerja semua. Ini sudah kesepakatan bersama," ucap Dokbro usai pertandingan.

Selama ini, lanjut Dokbro, tim medis di setiap pertandingan tidak pernah berpikir membantu seorang pemain yang cedera dengan misi-misi tertentu. Sebab, itu sudah menjadi kewajiban seorang dokter di manapun berada. Selain Dokbro, dokter tim Persib, M. Raffi Ghani serta dokter lapangan, Taufan juga ikut turun membantu memeriksa dan evakuasi M. Natshir.

Donny Kurniawan membantu Muhammad Natshir tanpa memandangnya sebagai lawan. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah) --- "Saya tidak tahu cederanya, yang lebih tahu dokter Persib. Saya hanya bantu evakuasi dan menyerahkannya ke tim medis Persib," ucap Dokbro. M. Nathsir berbenturan dengan gelandang Persija, Bruno Matos sebelum keluar dari lapangan menggunakan ambulans. Akibat benturan itu M. Natshir mengalami patah tulang kering dan harus dioperasi. Akibat cedera itu M. Natshir diperkirakan akan absen panjang. Saat ini, kiper 26 tahun itu tengah berada di rumah sakit di kawasan Bintaro untuk menjalani operasi. Seusai pertandingan, pelatih Persib Robert Rene Alberts menyebut M. Nathsir mengalami cedera yang cukup serius. Ia juga menyayangkan nyanyian dari The Jakmania yang dianggap sebagai umpatan kepada Natshir yang cedera. Saat Natshir cedera, Jakmania terdengar menyuarakan kalimat `lailahaillallah`. Rene Alberts berharap ke depannya suporter bisa bersikap lebih baik lagi. "Dia [Natshir] mengalami cedera yang serius, tadi ada dokter bilang. Saya menyayangkan nyanyian saat pemain sakit, di Eropa kalau ada yang seperti itu penonton memberikan tepuk tangan. Semoga sepak bola Indonesia bisa seperti itu," ucap Rene Alberts. (TTF/bac)