Dinas Pendidikan Jakarta: Di DKI Tak Ada Sekolah Favorit
AKURAT.CO, Dinas Pendidikan DKI Jakarta tak menetapkan tingkat pendidikan di Jakarta dengan lebel sekolah favorit pada media tahun ajaran 2019-2020.

Kadisdik DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, lebel sekolah favorit dan tidak favorit adalah isitilah yang diciptakan masyarakat sendiri.

Pihaknya tak menghendaki adanya label tersebut, tujuannya agar menciptakan semua lembaga pendidikan dengan standar kompetensi yang sama.

"Di Dinas, tidak ada yang namanya sekolah ini favorit, yang ini tidak. Kalau dari dinas semua sekolah harus favorit," kata Kadisdik DKI Ratiyono saat dikonfirmasi Rabu (12/6/2019).

Sebagian masyarakat di Jakarta memang memiliki standar tinggi dalam menentukan sekolah untuk anak-anaknya. Mereka meyakni dengan menyekolahkan anak di sekolah yang dilabeli sekolah favorit maka anak tersebut kelak bisa diterima diberbagai perguruan tinggi ternama. Ratiyono mengakui hal ini.

"Pada kenyataannya masyarakat menilai sebuah SMA tertentu itu favorit. sehingga yang berminat ke situ yang NEM nya bagus-bagus. Artinya bersaing dengan yang bagus, bertemulah yang bagus-bagus," ujarnya.

Untuk mengahapus stigma ini, Ratiyono berujar bahwa pihaknya telah mengultimatum semua tingakatan sekolah SMA Negeri di Ibu Kota untuk menyeragamkan standar pendidikan agar bisa mengahasilkan jebolan-jebolan terbaik ke depannya.

"Tinggal bagaimana manajemen sekolah itu menghasilkan lulusan yang banyak masuk perguruan tinggi kalau SMA, kalau SMK lulusannya banyak diterima di perusahaan yang bonafit," tuntasnya.[]