Dibantu TNI AL, Pemkot Bandar Lampung Perketat Pengawasan di Pasar Modern
Pedagang Pasar Tanah Abang tetap berjualan di tengah pandemi. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bandar Lampung mulai memperketat pengawasan aktivitas masyarakat di pusat perbelanjaan guna mencegah sebaran Covid-19 di pasar modern menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bandar Lampung, Ahmad Nurizki mengatakan, pihaknya akan dibantu 100 orang anggota Korps Marinir TNI- AL untuk memperketat pengawasan atas mal di Bandar Lampung.

Dia mengungkapkan, selain memaksimalkan upaya pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 di pasar modern, Korps Marinir TNI-AL nanti akan turut membantu atau dilibatkan guna menjaga di seluruh titik perbatasan kota.

Sesuai dengan arahan dari Ketua Gugus Tugas bahwa perlu adanya pengawasan ketat di pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional. Mengingat beberapa hari lagi akan Lebaran.

"Jadi ada 10 titik pasar modern atau mal yang dijaga oleh marinir dan polisi- pp, mereka bertugas untuk mengimbau agar masyarakat yang masuk ke dalam mal semuanya wajib memperhatikan protokol kesehatan," ungkap Ahmad seperti dilansir dari Antara, Selasa (19/5).

Dia menjelaskan, untuk 10 titik mal tersebut yaitu Central Plaza, Mall Kartini, Super Indo Kemiling, Chandra Teluk Betung, Indo Grosir, Ramayana Ciplaz, Ramayana Pasar Bawah, Chandra Tanjung Karang, Mall Boemi Kedaton dan Transmart.

"Setiap pasar modern akan kita akan menempatkan masing-masing dua personel untuk mengimbau atau mengingatkan masyarakat memakai masker dan lainnya," ujarnya.

Selain itu, Ahmad mengatakan, pihak Korps Marinir TNI-AL juga akan turut membantu pemkot memperketat penjagaan dan pengawasan di semua titik perbatasan masuk Kota Bandar Lampung.

"Dengan terlibatnya aparat TNI tentu pengawasan di mal dan perbatasan akan lebih ditingkatkan serta meminimalisir upaya pencegahan pemudik nakal yang ingin masuk ke Kota Bandar Lampung," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga: Langgar PSBB, Mall SGC Cikarang Disegel Sejumlah Mal di Surabaya Dijaga Ketat Satpol PP Politikus PAN Nilai Tagar `Indonesia Terserah` Mewakili Mayoritas Rakyat Anggota DPR Nilai Munculnya `Indonesia Terserah` Dampak Kebijakan Pemerintah Ramai Pengunjung, Mall CBD Ciledug Dipastikan Tutup Besok Sanksi Kurang Tegas, Masih Banyak Warga Beraktivitas Tanpa Masker