Cerita Mohamed Salah Dicampakkan Chelsea
Rio de Janeiro

-

Ada cerita bagaimana Mohamed Salah dulu dicampakkan di Chelsea. Begini kisahnya.

Salah pernah menjadi bagian Chelsea. Ia dibeli dari FC Basel dengan banderol sekitar 11 juta euro.

Di Chelsea, pemain Mesir itu rupanya gagal bersinar. Selama dua musim, Salah, yang masih berusia 22 tahun, cuma tampil 18 kali, di bawah arahan Jose Mourinho, dengan cuma bikin dua gol.

Filipe Luis, bek Brasil yang ketika itu membela Chelsea, menilai potensi Salah sebenarnya sudah terlihat bakal jadi pemain penting. Ia menilai, rekannya itu sudah seperti Lionel Messi.

"Aku dibuat kewalahan oleh Salah saat latihan. Ketika dia pergi ke Fiorentina, aku bilang, `Momo, kenapa kamu pergi? Ini, kan Chelsea," kata Luis kepada Guardian.

"Dan dia bilang, `Aku perlu bermain`. Aku pikir, anak ini bagus. Dia tak pernah menuntut uang atau banyak kemenangan, dia hanya ingin menunjukkan dirinya bisa bermain."

"Selama latihan, dia seperti Messi. Sungguh, tanya saja semua orang," kata Luis, yang kini bermain bersama klub Brasil, Flamengo.

Pada akhirnya, Salah dipinjamkan ke Fiorentina, lalu AS Roma. Giallorossi kemudian sempat mempermanenkannya.

Pada 2017, Mohamed Salah kemudian dibeli Liverpool. Bersama The Reds, sinar Salah kian terang, dengan mampu bikin 118 gol dari 186 penampilan.

Salah juga membawa Liverpool meraih banyak trofi. Di antaranya meraih trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan terakhir Liga Inggris.

(yna/bay)