Awas! Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak
lustrasi. Anak-anak menggunakan. foto/ ist

JAKARTA

- Intan

Di era yang serba digital seperti sekarang, rasanya memang sulit untuk menghindarkan

gadget dari anak

.

Baca Juga: Mewaspadai Cita Rasa Dunia: Indah tapi Beracun)

Anak-anak pada dasarnya sulit diam dan mudah terdistraksi, dan terkadang orang tua yang sibuk memberikan gadget untuk mereka bermain.

Karena gadget dianggap mampu menyita perhatian mereka, padahal ini berbahaya apalagi di usia yang sangat muda.

BACA JUGA - Hebat! Tanpa Diperiksa LAPAN Tahu Detail Meteor yang Jatuh di Medan

Menurut pengamat teknologi Lucky Sebastian, pengenalan gadget terlalu dini membuat anak-anak melambat dalam perkembangan kemampuan kognitif yang sedang cepat berkembang di usia mereka, seperti kemampuan mengingat, memecahkan masalah, berpikir, atau mengambil keputusan.

Anak-anak juga akan mudah merajuk, menangis, bahkan tantrum saat tidak diberi izin menggunakan gadget.

"Karena ini (gadget) sudah menjadi obsesi buat mereka," ujar Lucky kepada SINDOnews melalui pesan singkat, Sabtu (21/11/2020).

Selain itu, interaksi sosial tatap muka seperti berkomunikasi dengan orang tua, orang lain, menjadi tidak lancar, karena tidak terbiasa dan kebanyakan mengisolasi diri dengan keasikan bermain gadget.

Gadget, kata Lucky, juga memancarkan spektrum cahaya yang terus menerus dan sebagian panjang gelombang cahaya tidak baik untuk mata jika digunakan terlalu lama.

"Mudah sekali sekarang menemukan

anak anak

yang menggunakan kacamata di usia dini, karena saat melihat gadget tanpa sadar kita lebih jarang mengedit sehingga mata mudah kering, otot mata hanya fokus pada jarak dekat sehingga saat melihat jauh jadi sulit fokus," terangnya.