ASN Pemkot Makassar Lantunkan Isyarat “Jangan Biarkan Dia Kembali”
PORTALMAKASSAR.COM – Video Belasan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Makassar, beredar luas di media sosial, Selasa (28/1/) kemarin.

Di dalam video yang berdurasi tiga detik itu, terlihat beberapa kepala dinas seperti Kadis Kominfo Ismail Hajiali, Asisten I Sittiara Kinang, hingga Kadinsos Mukhtar Tahir dan eks staf ahli.

Dalam video singkat tersebut terdengar teriakan “Jangan Biarkan Dia kembali” sambil mengepal tangan.

Saat dikonfirmasi, Kadis Kominfo Ismail Hajiali menjelaskan, dalam video tersebut diambil saat memasuki ruangan usai dilantik kembali.

Baca Juga: Tindak Lanjuti LHP Badan Pemeriksa Keuangan, DPRD Makassar Panggil Sejumlah Sekolah

“Itu video waktu syukuran, masuk ke ruangan kerja awal Januari,” kata Ismail Hajiali melalui telepon Rabu (29/1).

Lebih lanjut, ia mengaku bahwa dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan politik, sebab ia menjelaskan seorang ASN sudah jelas dilarang berpolitik.

Jika mengacu dalam Pasal 2 huruf f Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, mengenai penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasar pada asas netralitas yaitu setiap PNS/CPNS tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

PNS dilarang terlibat aktif dalam politik praktis adalah bentuk upaya menjaga netralitas PNS dari pengaruh partai politik dan untuk menjamin keutuhan, kekompakan dan persatuan antara PNS serta fokus pada tugas PNS sebagai abdi negara/abdi masyarakat.

“Kita PNS ini sudah jelas dalam aturan bahwa tidak boleh berpolitik,” tukasnya.

Diketahui, Moh Ramdhan “Danny Pomanto” adalah mantan Wali Kota Makassar 2014-2019. Danny Pomanto memiliki tagline “Jangan Biarkan Makassar Mundur Lagi.

Saat ini DP sapaan Danny Pomanto menyatakan akan kembali bertarung pada Pilwali Makassar 2020 ini.

Kadis Kominfo, Ismail Hajiali, Kadinsos, Mukhtar Tahir dan beberapa pejabat lainnya sempat nonjobkan oleh Danny Pomanto selalu Wali Kota Makassar.

Penulis: Muh Ervin Saputra