Adanya Sirkuit Suwarnadwipa Nusantara Diharapkan Muara Bungo Jadi Sentra Otomotif di Sumatera
mobilinanews (Muara Bungo) - H. Jimmy Syamsudin mengatakan dibangunnya sirkuit Suwarnadwipa Nusantara di Muara Bungo ini merupakan bentuk dukungan dan sumbangsih terhadap kampung halamannya, Kabupaten Bungo, Jambi.

"Jadi selain agar bisa untuk mendapatkan perhatian di tingkat nasional, juga berharap akan lahir bibit baru para pembalap, pereli, offroader dari Muara Bungo khususnya, Jambi dan Sumatera," ujar H Jimmy Syamsudin.

Yang menarik, tidak hanya membangun sirkuit dengan panjang lintasan 7,4 km untuk event speed offroad, sprint rally hingga speed rally, H Jimmy Syamsudin juga telag membangun sirkuit adventure offroad, motorcross, drag race, road race, dan reli.

"Dan, insyaallah di tahun ini juga selesai pembangunan sirkuit untuk slalom dan drifting di kawasan Suwarnadwipa Nusantara Circuit," terang pengusaha batubara dan properti ini.

Memen Harianto, CEO Suwarnadwipa Nusantara Circuit menyebutkan sirkuit yang dikelolanya disukai para offroader maupun perally, karena karakternya high speed, sentralisasi dan tertutup.

"Terbukti pada pembukaan sekaligus berlangsung event Kejuaraan Nasional Speed Offroad putaran 2 dan 3, serta Kejurnas Sprint Rally putaran 3 dan 4 yang datang dari Pulau Jawa dan Sumatera," ujar Memen Harianto. Kejurnas berlangsung 18-20 Oktober 2018.

Bahkan saat ini, masih ada puluhan mobil yang diparkir dan dirawat secara baik di paddock sirkuit akibat mobil para peserta sudah pada datang untuk mengikuti 3 kejurnas sekaligus speed rally, sprint rally dan speed offroad, kemudian datang surat penundaan seluruh event otomotif dari IMI Pusat karena wabah corona.

"Dipastikan, lebih dari 100 peserta yang akan mengikuti event di Suwarnadwipa akhir Maret lalu. Maka kini ketika IMI Pusat membuka babak baru balap standar Covid, kami menyatakan sangat siap, termasuk harus memenuhi seluruh persyaratan Protokol Kesehatan," lanjut Memen.

Atas kehadiran Sirkuit Suwarnadwipa Nusantara Muara Bungo, Gubernur Jambi Fachrori Umar menyambut senang digelarnya Kejurnas Speed Offroad dan Sprint Rally.

“Semoga ini bisa menjadi salah satu sirkuit terbaik di Indonesia dan masuk kalender resmi kegiatan otomotif baik tingkat nasional maupun internasional,” harap Fachrori.

Gubernur Fachrori pun berharap seluruh masyarakat kabupaten Bungo mendukung seluruh kegiatan di sirkuit Suwarnadwipa.

"Tanpa dukungan masyarakat, kegiatan ini tak bisa berlangsung dengan baik. Semoga Kabupaten Bungo bisa menjadi Kota Otomotif ke depannya," tambah Gubernur Jambi. (bs)