7 Tips Agar Tidak Menjadi Korban Scammer di Aplikasi Kencan Online, Salah Satunya Jangan Berikan Info Pribadi
Newsmedia – Situs aplikasi pertemenan atau aplikasi kencan online saat ini mengalami peningkatan besar dalam penggunaanya. Bahkan menurut FBI, penipuan dengan modus percintaan menghabiskan lebih banyak uang daripada jenis penipuan internet lainnya.

Hasil survey disebuah lembaga swasta di Amerika dalam empat tahun, sejak 2016 hingga 2020, kerugian konsumen akibat penipuan percintaan meningkat empat kali lipat, bahkan mencapai rekor dengan kerugian yang dilaporkan sebesar USD 304 juta pada tahun lalu.

Penipuan kencan secara online merupakan bisnis yang besar, korban dipilih dengan hati-hati dan menggunakan trik agar menarik perhatian dan kepercayaanmu.

Mereka akan mengelabui pikiranmu dengan menunjukkan “cinta dan pujian” setiap detik. Selain itu, nomor telepon dan usia dijadikan sebagai alat manipulasi bagi mereka.

Berikut tips agar kamu terhindar dari scammer kencan online yang dilansir Newsmedia dari Bright Side.

1. Periksa Usia Mereka

Biasanya, penipu kencan online menargertkan orang yang lebih tua. Kelompok usia ini diyakini tidak hanya lebih kaya tetapi juga lebih rentan terhadap penipuan.

Jika kamu mendapatkan pesan dari orang yang jauh lebih muda, berhati-hatilah agar kamu tidak terjebak dalam skenario mereka.

2. Pernyataan Cinta yang Mendadak

Jika pasangamu menyatakan cinta, meskipun kalian baru mengenal satu sama lain selama seminggu, itu adalah tanda bahaya besar. Perilaku ini merupakan ciri khas dari scammer kencan.

Pertama, mereka akan langsung jatuh cinta dan segera meluluhkan hati dan pikiranmu, lalu mereka akan meminta informasi pribadi dan mereka akan menggunakannya untuk memeras kamu bahkan keluargamu.

3. Meminta Bantuan

Setelah mendapat kepercayaanmu. Scammers sering kali menyajikan cerita tentang kesulitan dan perjuangan hidupnya dan membuatmu tidak dapat menolak membantu mereka, terutama jika kamu adalah orang yang sensitif.

Mereka mungkin berencana akan mengunjugi kota atau negara tempat kamu tinggal untuk menikahimu, tetapi tiba-tiba semacam tragedi terjadi dan mereka akan membujuk dengan alasan “membuktikan cinta” dengan mengirimi mereka sejumlah uang.

Mereka juga meminta kamu untuk membuat rekening bank baru untuk mengirim uang ke luar negeri.

Pesan yang harus diingat, kamu tidak boleh mengirim uang kepada seseorang secara online, terutama yang belum pernah kamu temui secara langsung.

4. Periska Foto Profil Mereka

Para scammer biasanya mencuri foto dari orang lain melalui media sosial. Agar terhindar dari scammer kamu dapat memeriksa foto profil melalui Google Gambar. Cukup unggah gambar mereka ke Google Gambar dan lihat apakah itu pernah digunakan sebelumnya.

5. Perhatikan Tata Bahasa Mereka

Sudah umum scammer kencan untuk memiliki tata bahasa yang buruk. Mereka juga biasanya berpura-pura memiliki profesi yang tinggi, katakanlah seorang lulusan gelar doktor tertinggi, namun sangat mencurigakan ketika mereka tidak mengerti dan hanya tahu “baby” dan “ok” dan berpura-pura menjadi seorang native speakers.

6. Jangan Keluar dari Situs Kencan

Scammers akan mencoba mengelurkanmu dari situs kencan dengan segala cara. Mereka akan meminta nomor teleponmu dan segera setelah kamu memberikannya, mereka akan menambahkan datamu ke database mereka.

Kemudian kamu akan segera mendapatkan spam yang atau bahkan panggilan pinjaman online. Mereka biasanya menggunakan skype atau whatsapp. Jangan beri alamat email dan informasi lain yang dapat mengindentifikasi kamu.

7. Ajak Mereka Berkencan

Ambil inisiatif dan ajak mereka bertemu. Disinilah kamu dapat mengindentifikasi scammer. Biasanya mereka akan mencari alasan meminta uang untuk membeli tiket atau agar kamu yang membayar pada kencan ini.

Atau ketika kamu mengajaknya bertemu mereka akan mencari alasan agar kencan tidak pernah terjadi.

Semoga tips ini bermanfaat dan ingat untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial dan jangan pernah memberikan informasi pribadi, termasuk nomor rekening, paspor jaminan sosial atau kartu kredit.

Jika kamu mencurigai kencan online adalah penipuan segera hentikan kontak dan laporkan kepada pihak berwajib!. ***